manajemen konflik

  • 0

Hari ini responsi Pengembangan Masyarakat-nya seru bangeeeeeeeeeet, tentang manajemen konflik, kita main games gitu, setiap kelompok besar dikasih 1 amplop yang isinya itu 5 kartu merah (M) dan 5 kartu hijau (B), games ini ada 10 step, setiap stepnya kita harus mengeluarkan 1 kartu dan itu nantinya di combain dengan kelompok lain, misalkan kelompok A mengeluarkan kartu hijau, kelompok B mengeluarkan kartu Merah, dan kelompok C mengeluarkan kartu Merah, itu artinya kelompok A mendapat sandi BBM, setiap sandi itu ada poin nya, dan poin itu yang menentukan poin untuk kelompok tersebut pada babak itu. Pada step keempat, setiap kelompok diperbolehkan mengirim surat ke kelompok lain sebagai bahan pertimbangan kelompok tersebut kartu apa yang akan dikeluarkan, sebenernya sih lebih ke mempengaruhi dan menjebak kelompok lain.  Di step selanjutnya poin mulai digandakan menjadi 3 kali lipat dan 5 kali lipat. Pada step 7 dan 8 masing-masing kelompok mendelegasikan 1 orang sebagai perwakilan untuk bernegosisasi dengan kelompok lain, tujuannya untuk menentukan kartu apa yang akan dikeluarkan pada step selanjutnya. Pada tahap ini akan terlihat kelompok mana yang konsisten dengan hasil negosiasi dan kelompok mana yang melanggar negosiasi tersebut (kembali ke taktik kelompok masing-masing yaa :) ), dan pada step terakhir, setiap kelompok diperbolehkan melakukan diskusi terbuka dengan kelompok lain. Tapi, pada tahap ini masing-masing kelompok tidak melakukan hal ini, mungkin karena sudah tidak ada rasa percaya dengan kelompok lain kali ya?  

Ribet yaa kalo dijelasin, nih aku  kasih liat fotonya aja yaaa, nanti kapan-kapan kalau ada kesempatan kita main bareng deh yaaa :)

Jadi, intinya.. sebagai masyarakat yang tergolong dalam beberapa kelompok, antar kelompok harus saling percaya terhadap kelompok lain, agar saat terjadi konflik, konflik tersebut mudah diselesaikan, negosiasi antar kelompok dapat berjalan dengan baik, dan sebagai seorang fasilitator konflik yang baik, harus bersifat netral dan tidak berpihak terhadap suatu kelompok :D

Balio, 21 november 2012
20:12
Afiefah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar