belajar dari alam: kawah ratu, gunung salak

• 0

*sebelum pemberangkatan ke kawah ratu*

Bismillah,

Alhamdulillahirobbilalamiiin, akhirnya bisa merasakan suasana alam lagi, setelah sekian lama gak main main ke gunung, ngeliat pohon yang hijau-hijau, ngeliat sungai yang airnya jernih, denger suara angin, merasakan jalan berbatu, dan yang paling penting merasakan kebersamaan dan ukhuwah di alam terbuka. Daaaan akhirnya semua itu bisa kembali dirasakan bersama para pengurus Garuda Keadilan Bogor :D

Awalnya, yang udah pesimis gak bakal jadi berangkat, ternyata diberi kemudahan oleh Allah, dibukakan jalan dan diberi kesempatan untuk bisa berangkat :’)

Sabtu, 20 april 2013, jam 19.30 kita berangkat menuju lokasi pendakian, setibanya disana sekitar jam 21.00, kita langsung cari lokasi untuk nge-camp malam itu, udah dapet lokasi nya terus langsung ngediriin tenda, disini aku alay banget, biasanya kalo camping di HK itu, kita pake tenda nya yang manual, pake tongkat, di taliin ke pohon, pake patok, ya pokoknya primitif sekali lah yaaa.. eh kemaren dikasih tenda nya yang udah keren gitu, alhasil karena kita berempat anak HK semua, jadilah kita coba-coba asal, yang penting berdiri dah haha, akhirnya sih berdiri juga tuh tenda tapi setelah dibantuin sama kakak-kakak pendampingnya hehe, udah beres ngediriin tenda langsung solat isya, makan malem sambil diterangi dengan cahaya redupnya api unggun, udah beres makan malem, kita kenalaaan :D tapi aku udah lupa lagi siapa nama temen-temennya, yang aku inget Cuma anak GKBogor aja, hehe

Sementara yang lain udah masuk tenda dan bobo cantik, kita (baca:GKB) masih duduk duduk diluar sembari nungguin si pak ketua:sirojammuniro (artinya:jembatan penerang) dateng, oiya beliau ini nyusul naik motor gegara harus ngehadirin acara LDK kampusnya dulu. Ditengah-tengah stand up comedy dari udin, si pak ketu nelpon dan bilang kalo beliau nyasar sampe sukabumi, jeng jeeeng.. kagetlah kita, begitu disambungin ke kakak pendampingnya ternyata beliau gak nyasar, Cuma salah menginterpretasikan bacaan di plang ajaaaa, gubrak deh Pak!

Eh ada yang ketinggalan, ini ada yang aneh banget dari daftar barang bawaan yang harus dibawa, masa disuruh bawa kado yang bikin orang ketawa dan awet untuk selama-lamanya, apa cobaaa? Gaktau deh itu idenya siapa yang bikin, mana baru dikasih taunya pas semalem sebelom berangkat pulak -_- jadi weh aku sama si azmah lieur nyari-nyari barang, alhamdulillahnya pas sore sebelum berangkat udah dapet barangnya..

Nah, balik lagi ke munir, kita udah keketawaan dengerin stand up comedy nya dari mba uyuy, tapi beliau nya belom dateng dateng juga, udah bikin cerita berantai, belom dateng juga.. sampe akhirnyaaa jam 00.30, datenglah si pak ketu dengan muka innocent tanpa dosa gitu -___-  daaan,  you know? Kita gak jadi tuker kado.. udah selama itu nunggu pak ketu dateng biar beliau bisa ikutan tuker kado, eeh begitu dateng malah kaga jadi tuker kadonya huhuuu. Setelah diakhiri dengan istighfar, hamdalah, dan karafratul majelis semuanya langsung cus masuk ke tenda. Wallahu’alam deh kalo yang ikhwannya, kalo tenda aku sih begitu masuk tenda langsung pada pake sleeping bag dan bobo cantik :D

esok paginya, tenda aku bangunnya pada kesiangaaan, jam 04.45 -__- padahal udah masang alarm dari jam 03.30 dan gakada yang bangun cobaaa, jadilah kita gak qiyamullail, usai solat subuh berjama’ah, tilawah, dan al-ma’tsurot, kita rumpi-rumpi bentar sembari nyemil nyemil ngisi perut. Gak lama setelah itu, kita langsung ngerubuhin tenda, udah beres rubuhin tenda, kita sarapan ala ala hikers gitu :D udah kenyang sarapan kita turun lagi ke bawah untuk pemanasan sebelum hiking, pemanasan kali ini dipimpin oleh pak ketu:sirojammuniro, sudah kenyang setelah sarapan dan sudah segar setelah pemanasan, kita bersiap untuk memulai hiking, dimulai dengan instruksi dari kakak pembimbing dan doa, bismillahirrohamanirrohiiim, kami berangkaaaat! :D

selama perjalanan, aku terus berdzikir dalam hati semoga dikuatkan dan diberi keselamatan, memang agak lumayan sulit sih tracking nya, karena hujan yang turun tidak menentu, jadi jalanannya pun ada yang masih becek dan licin, kehati-hatian pun harus tetap selalu diperhatikan,  ditengah perjalanan kendala-kendala pun muncul, mulai dari sakit perut, sesak napas, sampe sakit-sakit badan semuanya kerasa, tapi ya itu wajar sih, yayaiyalah wong sebelum nya gak pernah olahraga, lari-lari pun gak pernah haha jadi ya wajar kalo ngerasa sakit-sakit  pas diawal perjalanan. Lama –kelamaan mulai terbiasa dengan sakitnya dan jadi nikmat kalau dinikmatin hehe,
 *menuruni bebatuan, melewati pohon*
 *yeaaay, keluar dari pepohonan*

setelah melewati sungai, mendaki tanah bebatuan, menuruni bukit, menyusuri rawa, alhamdulillaaaah sampai juga di tujuan: KAWAH RATU ! its amazing view, weew subhanallah, maha suci Allah yang telah menciptakan ciptaanNya dengan sebaik-baiknya, terbayar sudah lelah selama kurang lebih 3 jam perjalanan dengan aroma belerang yang menusuk hidung dan hawa sejuk di puncak kawah ratu.

*Alhamdulillaah, sampai di puncak kawah ratu*

Alhamdulillaaah lagi, di puncak kawah masih bisa selonjorin kaki, ngelurusin pinggang, ngisi perut, menikmati semilir angin, sampe narsis sampe bosen ahahaaa, sebenernya sih belum puas menikmati semuanya diatas sana, tapi apalah daya waktu sudah semakin siang, jam di tangan menunjukkan pukul 12.30 dan langit pun mulai menampakkan mendungnya, itu artinya kita harus bergegas  turun, karena perjalanan kali ini kita akan berpisah dengan rombongan sebelumnya, tujuan kita kali ini yaitu ke rumah Izzudin di cidahu, sukabumi and the meaning is.. kita bakalan jalan kaki lagi dari bogor ke sukabumi, waaw amaze!

Katanya sih, kita cuma jalan kaki selama satu jam, tapi kok yaa bolak balik liat jam tangan ini kok gak nyampe-nyampe -__-  sekitar jam 13.30 kita berhenti di lapangan yang cukup luas, mereka menyebutnya:helipad, usai solat dzuhur dilanjut dengan taujih oleh pak ketu, yang menyampaikan tentang betapa pentingnya waktu, dan jangan sampai kita menjadi manusia autopilot yang hanya menjalankan rutinitas tapi kita merasakan kekosongan dengan rutinitas yang kita lakukan.

Selanjutnyaaa, perjalanan pun dilanjutkan, terus menuruni jalan setapak yang berbatu, sekitar pukul 15.45 hujan deras pun turun menyertai turunnya kami sampai di pos terakhir. Lagi lagi dengan mengucap hamdalah dan rasa syukur akhirnya kami sampai dirumah Izzu, yang disambut hangat oleh kedua orang tuanya :)

Setelah beberes dan bebersih, acara selanjutnya yaitu makan makan, yak serbuuuuuuuuu, semua makan dalam keadaan khidmat hehe, udah kenyang makan dan sedikit berbincang, adzan maghrib pun berkumandang, yak di skip dulu obrolannya, sementara yang lain solat maghrib, aku dan azmah cuci cuci piring hehe, ditengah-tengah cuci piring, tiba-tiba ummi nya izzu dateng, terus bilang “udah neng, gausah dicuci piringnya, ntar gatau naro piring dan gelasnya dimana, maklum dapurnya sempit, udah yuk mendingan kita ke depan baca-baca Koran, tuh ada Koran milad pks kemaren, udah yuk udah gausah dilanjutin” wakaka, aku sama azmah Cuma bisa ketawa aja dan ngelannjutin cuci piringnya, ini lucu banget ummi nya si izzu… hehe,

Usai solat maghrib dan isya, acara dilanjutkan dengan taujih dari abinya izzu, tentang peran pemuda di masa depan, dan salah satu dari tujuh golongan orang yang dijamin masuk surge adalah pemuda. Harapannya kami semua bisa meneruskan langkah-langkah dan perjuangan para qiyadah terdahulu :’)

Ohiyaaa, the last but not last, akhirnya kita tuker kado jugaaa, kado yang bikin ketawa dan awet untuk selamanya, aku dapet obeng! Gatau deh itu dari siapa.. Daaaan, kado dari aku berhasil dooongs bikin para akhwat yang litany ketawa, beraarti aku sukses haha, kadonya ituu.. kaca! Terus aku tulisin deeh

‘hayoo, cantikkan mana orang yang di kaca ini atau orang yang ngasih kaca ini?’ *gak sempet di foto sih *

Sudaah, semua sudah terlaksana, selanjutnya dilanjutkan dengan perjalanan pulang ke tempat masing-masing, dan itu artinyaaa kembali ke rutinitas kampus! Oh noooo, kuliah, rapat, kuliah, rapaaat, oh Allaaah, sungguh indahnya nikmat kesibukan iniiii huhuuuu

ohiyaaaa, ada yang kelupaaan, ibrohnya dari perjalanan 2 hari ini adalah, kita bisa banyak belajar dari alam, bagaimana alam selalu patuh dengan semua ketetapan Allah, tidak pernah menyalahkan kodratnya sebagai tumbuhan, sebagai kawah, bahkan sebagai batu yang selalu diinjak tapi memberikan manfaat kepada para pendaki sebagai pijakan, walaupun kawah dia bersifat panas, tapi kawah bisa memberikan kebahagiaan bagi para pendaki karena indahnya :) dari alam kita juga belajar bagaimana mengelola rasa syukur, taat, tawadhu, sabar serta ikhlas dengan semua ketetapan yang telah Allah berikan :)

Well, untuk semua kebahagiaan selama 2 hari kemarin, I say big thanks to Allah SWT  who has given us his mercies and blessings,

Dan untuk semua keluarga Garuda Keadilan Bogor yang superkuat dan superceria untuk kebahagiaan dan ukhuwah yang diberikan selama dua hari iniiii :D Love you so much much keluarga GKBogoooorrrr

Next trip: ciremai! insyaAllah!