husnul khotimah :)

  • 0

Bismillah,

ternyata 4 tahun hidup di HK cukup memberikan kesan yang amat mendalam gue,
kenapa?
di HK gue banyak belajar apapun, tentang kehidupan, tentang berbagi, tentang ukhuwah, tentang keikhlasan, tentang mimpi, tentang harapan, tentang pengorbanan, tentang akhirat, tentang rasa, sampe tentang cinta pun gue dapetin disana
Husnul Khotimah, sepintas kedengerennya biasa aja. buat orang2 awam yang gatau apa itu HK, pasti mikirnya "ah, pasti itu mah sama aja kaya pesantren2 di pedalaman sana." buat gue dan temen2 gue, HK itu bukan sekedar nama, tapi ia sebuah kisah, yang tak mungkin terlupakan sampe nantinya. buat gue pribadi, HK itu unik. kenapa?
gini, kita disana dituntut utk survive dalam keadaan apapun. tapii, kita gak dituntun utk ngelakuin itu, *aduh, gue bingung mem-bahasakan-nya* contohnya gini, disana itu ada yang namanya OSHK (Organisasi Santri Husnul Khotimah) kayak OSIS gitu kalo di SMA mah, nah, disitu kita dituntut buat jadi teladan adek2 kelas. bayangin aja, setiap harinya kita dituntut buat ngurusin bocah2 yang jumlahnya sekitar 1000-an lebih lah, contohnya, divisi ruhiyah. mereka ini setiap harinya harus bangun sekitar jam 3 pagi, buat bangunin seluruh santri Qiyamullail, jam 3 pagi itu mereka harus jalan ke PIP (Pusat Informasi Putri), sambil nunggu adzan subuh, mereka nyetel murottal gede2 & koar2 manggilin santri biar bangun. kalo udah adzan dan santri belom bangun, ini tugasnya divisi keamanan buat sweeping ke kamar2, ngoprak2 santri biar pada bangun. kalo adzan urdah selesai, divisi ruhiyah harus udah stand by di mihrob buat manggilin imam solat & tetep masih manggilin santri biar segera ke masjid. adzan udah selesai & solat udah di mulai, divisi keamanan udah mulai stand by di posnya masing2. ngapain? ngapain lagi kalo bukan gebukin  santri yang terlambat solat *anarki bgt ya kedengerannya?* gebuknya pake sajadah kok, dan itu ada range-nya masing2 buat setiap keterlambatan, gue lupa gimana itungannya. kalo udah selesai solat subuh & al-ma'tsurot, pasti ntar bakalan ngedenger suara asmaul-husna yang disetel dr PIP, ini masih tugasnya divisi ruhiyah. yang paling gue suka kalo pagi2 di HK ituu, abis kafaratul majlis di masjid, gue sempetin tilawah & muroja'ah dulu, nah, sepanjang gue balik dr masjid ke kamar itu, diiringin pake asmaul husna dr PIP terus gue duduk bentar depan kamar, sambil liatin langit, wahh.. pokoknya moment ini seru bangeet deeh.. gak gue temuin dimanapun, selain di HK. nah, biasanya abis gini, langsung terjadi keributan kecil di kamar masing2, antri mandi lah, koar2 piket, ada yang mao makan. dan gue sukaaa suasana ini.. biasanya, abis asmaul husna-an di PIP, langsung dari divisi keasramaan gantian yang koar2 buat nyuruh kita piket. " 'ala jami'ittholibaat min ma'hadil husnil khotimah, hayya munadziful hujroh...bla bla," (gue lupa lanjutannya :D ) sementara ada yang piket, ada juga yang ngantri mandi. maklum, 1 kamar isinya 30 orang, cuma tersedia 4 kamar mandi & 2 wc *ini dikamar gue* ada juga yang makan ke ruang makan *kebiasaan gue, makan dulu baru mandi :D* nah, di PIP itu masih dilanjuuut.. sekarang giliranya divisi bahasa, mereka ngebacain conversation kecil gitu,, gunanya apaa? biar kita terbiasa dg bahasa, karnaa di HK ini, diwajibkan kepada seluruh santrinya utk menggunakan bahasa arab & inggris in daily conversation, kalo nggak, siap2 aja sama hukumannya dari divisi bahasa. udah beres semuaaaa, saatnyaa sekolaah.. nah, buat berangkat sekolah ini banyak banget kasus nih.. contohnya, dijemur atau dicegat ga boleh masuk kelas karna terlambat sekolah dan masih banyak lagi deh, ini biasanya anak2 yang bandel & menyepelekan aturan yang suka ngelakuin, sekitar jam 14.00 sekolah bubaar.. nah, abis ini kegiatan semi bebas, kenapa semi bebas? buat santri selain kelas 3 aliyah & 3 mts mereka bisa bebas tidur,main and do what they want to do. kalo yg 3 aly & 3 mts, biasanya abis pulang sekolah ini mereka langsung bimnas(tambahan buat UN). udah ashar, itu artinya keributan kecil mulai terjadi lagi, kalo senin,rabu,jum'at itu harinya londri akhwat, jadi dimana-mana orang hilir mudik nganterin londri-an, di PIP ada yang muter nasyid *ini dr div.bahasa* ada yang manggil2 lah, biasany kalo sore ada yang suka ngumpul2, entah itu konsul,paskib dll..
ada juga yg crowded ngantri makan di ruang makan, soalnya kalo sore itu lauknya enak2, makanya pada doyan makan.hihi :D
udah maghrib, lanjut ma'tsurot, halaqoh qur'an, isya. abis isya ini udah deh bebas mao pada ngapain. kebanyakan sih, pada ngobrol..
*bersambung yaaa..

belom mandi, kamar ummi
20-jan-12 10:51
Afiefah Muthahharah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar